Umat Hindu dari jaman dahulu sampai sekarang bahkan sampai nanti
dalam menghubungkan diri dengan Ida Sanghyang Widi Wasa memakai
symbol-simbol. Dalam Agama Hindu simbol dikenal dengan kata niasa yaitu
sebagai pengganti yang sebenarnya. Bukan agama saja yang memakai simbol,
bangsa pun memakai simbol-simbol. Bentuk dan jénis simbol yang berbeda
namun mempunyai fungsi yang sama.
Dalam upakara terdiri dari banyak macam material yang digunakan
sebagai simbol yang penuh memiliki makna yang tinggi, dimana makna
tersebut menyangkut isi alam (makrokosmos) dan isi permohonan manusia
kehadapan Ida Sanghyang Widi Wasa. Untuk mencapai keseimbangan dari segala aspek kehidupan seperti Tri Hita Karana.
Seperti contoh penjor. Penjor adalah salah satu sarana Upakara dalam merayakan Hari Raya
Galungan atau suatu upacara Piodalan, dan merupakan simbul Gunung yang
memberikan keselamatan dan kesejahteraan, seperti halnya Gunung Agung,
di mana terletak Pura Besakih yang merupakan tempat pemujaan terbesar
bagi umat Hindu di Indonesia. Masyarakat di hindu Bali maupun yang diluar bali sudah tidak asing lagi dengan sarana upakara yang satu ini. Pada umumnya Masyarakat
mengenal dua (2) jenis penjor, antara lain Penjor Sakral dan Penjor
hiasan. Merupakan bagian dari upacara keagamaan, misalnya upacara
galungan, piodalan di pura-pura. Sedangkan pepenjoran atau penjor hiasan
biasanya dipergunakan saat adanya lomba desa, pesta seni dll.
Pepenjoran atau penjor hiasan tidak berisi sanggah penjor, tidak adanya
pala bungkah/pala gantung, porosan dll. Penjor sakral yang dipergunakan
pada waktu hari raya Galungan berisi sanggah penjor, adanya pala bungkah
yang terdiri dari umbi-umbian dan pala gantung yang isinya kelapa, nanas, pisang, mentimun.sampiyan, lamak, jajan dll.
Segala pala bungkah- pala gantung dan sajen pada sanggah penjor, melambangkan persembahan terhadap Bhatara di Gunung Agung (Bhatara Giri Putri).
Seperti kita ketahui, Gunung adalah sumber dari kesuburan dan akhirnya ke kemakmuran.
1. Hanya penjor yang menggunakan unsur lengkap (sanggah, padi, pala bungkah dan sebagainya) dapat dipergunakan dalam upacara keagamaan menurut fungsinya.
2. Penjor untuk dekorasi (bukan Upacara keagamaan) tidak diperbolehkan mempergunakan unsur- unsur tersebut di atas, tetapi hanya menggunakan hiasan- hiasannya saja (bila dengan sampian hendaknya tanpa porosan).
Bahan dari Perlengkapan
1. Bahan penjor adalah sebatang bambu yang ujungnya melengkung, dihiasi dengan daun. kelapa/ daun enau yang muda serta daun- daunan lainnya (Plawa).
2. Perlengkapan adalah pala bungkah (umbi- umbian) misalnya ketela rambat; pala gantung seperti kelapa, mentimun, pisang dan sebagainya; pala wija (biji- bijian) yaitu- jagung, padi dan sebagainya jajan. 11 uang kepeng/ logam, serta sanggah lengkap dengan sesajennya. Pada ujung penjor digantungkan sampian penjor lengkap dengan porosan (sirih, kapur, pinang) dan bunga.
3. Pada hari Kuningan sesajennya dilengkapi dengan endongan, tamiang dan kolem.
Tujuan Pemasangan.
Tujuan pemasangan penjor sebagai swadharma umat Hindu untuk mewujudkan rasa bhakti dan terima kasih ke hadapan Hyang Widhi Wasa dalam prabawa- NYA sebagai Hyang Giripati.
Waktu Pemasangan.
1. Pemasangan penjor dilaksanakan pada hari Hari Selasa, Anggara Wage wara Dungulan (sehari sebelum Galungan) setelah menghaturkan ''banten Penampahan Galungan".
2. Penjor dapat dicabut pada hari Redite Umanis Langkir (sehari setelah Kuningan). Sementara itu perlengkapan seperti sampian, lamak serta perlengkapan upakara Galungan lainnya dapat dibakar dan abunya sebagian disimpan pada kelapa gading muda yang dikasturi.
3. Pada hari Budha Kliwon Pahang (35 hari setelah Hari Raya Galungan), abu dalam kelapa gading tersebut dilengkapi dengan sarana kawangen dan 11 uang kepeng/ logam selanjutnya ditanam di pekarangan rumah atau dihanyutkan disertai permohonan pakukuh jiwa urip (kadirgayusan).
Tempat Pemasangan.
Penjor dipasang atau ditancapkan pada "lebuh" di depan sebelah pintu masuk pekarangan rumah. Sedangkan sanggah dan lengkungan ujung penjor menghadap ke tengah jalan.
Label: Hindu Dan Tradisi