Moment Ulang Tahun Dihari Kemenangan Dharma


Sekarang bertepatan tanggal 29 agustus 2012 adalah moment yang sangat berarti dalam sejarah hidup saya. Munghkin sangat jarang orang yang ulang tahunnya seperti saya dan mungkin sebagian temen-temen bilang kalau ini hanyalah suatu kebetulan semata tapi apapun itu saya sangat senang sekali hari ini dan dikesempatan ini saya ingin berbagi sama temen-temen bloger tentang kemeriahan ulang tahun saya yang ke 23 yang bertepatan pula dengan hari raya agung kemenangan Dharma atas Adharma...

Kemaren tepatnya pada tanggal 28 agustus 2012 saya memperingati hari otonan saya yang bertepatan dengan hari penampahan Galungan. ya, otonan atau Ngotonin yang berati suatu hari yang memperingati kelahiran berdasarkan satu tahun wuku, yakni; 6 (enam) bulan kali 35 hari = 210 hari dalam kalender bali kuno.


Sembahyang dimeraja sudah, sembahyang dipura kantor juga sudah, sekarang waktunya pulang ke kampung halaman untuk sujud sama ibu tercinta dan sambil ngerayain hari ulang tahun. Sesampai dirumah ternyata ibu sudah nyiapin semuanya, tadinya ibu gak mau ngasih tahu sih cuma jawab aja ketika saya nanya "kok masaknya banyak banget bu??", ibu cuma jawab "yah nanti yang datang banyak"katanya. Saya cuma diem aja kalo jawabnya gitu aja, satu per satu temen-temen saya datang dan ngucapin selamat hari raya galungan dan dilanjutkan dengan ucapan selamat ulang tahun ya... Saya langsung tersentak kaget, kok mereka tahu kalo saya ulang tahun hari ini??saya cuma iya kan saja kata-katanya tanpa nanya kalo dia tahu dari sapa. Gak lama kemudian ibu keluar dan bawa kue kecil yang berisikan lilin dengan tulisan 23Th. Tumben juga sih baru kali ini hari ulang tahun saya dirayakan ditanah kelahiran saya sendiri tepatnya di semendo-muara enim-sumatra selatan. Biasanya dihari ulang tahun saya hanya dirayakan diasrama yang dikelilingi teman-teman dan kepala asrama saja. meriah juga sih akan tetapi hari ini sungguh sangat berbeda sekai. Bersama ibu dan temen2 masa kecilku yang sekarang kebanyakan sudah berkeluarga. Ada juga temen dari seberang desa datang kerumah hanya sekedar untuk mengucapkan selamat ulangtahun saya yang ke 23. Ialah temen sebangku saya dulu ketika masih duduk sekolah dasar diSD Negri Payung Negara 2 Air Enau, dari sejak kelas 1 samapi tamat ketika itu, dan sekarang dia sudah cukup sukses dengan usaha kebun karetnya yang dia rintis sedari tamat sekolah. Rasa gembira dan senang semua bertumpah ruah dirumah mungil peninggalan satu-satunya dari almarhum ayah tercinta. Lantunan lagu dan doa yang tulus mengiringi kemeriahan dihari yang sangat special ini.
Slamat ulang tahuunnn,,,,slamat ulang tahunnn,,,,slamat ulang tahun suwardi,,,,smoga panjang umurrrr,,,,itulah nyanyian yang dulantunkan sebelum saya berdoa dan meniup lilin. nyanyian sudah hampir selesai dilantunkan, saya didampingi ibu langsung berdoa dan meniup lilin sederhana yang bertuliskan angka 23Th. horeeee,,,,sorak gembisa setelah lilin tertiup dengan nafas yang disertasi rasa gugup dan senang. saya potong kue mungil yang dilapisi coklat yang beraroma sangat enak.
Ucapan selamat suda, nyanyian ulang tahun sudah, niup lilin juga sudah sekarang waktunya makan-makan nie. dengan perasaan gembira saya ajak teman semuanya untuk menikmati masakan ibu yang sangat khas dengan gorengan ikan gabus dan sayur sop pindang, mantappp...
Nah begitulah sobat bloger kemeriahan hari ulang tahun saya dihari kemenangan dharma...sampai jumpa di cerita saya berikunya yah,,,
salam gembira dari saya,,,