Perjalanan Pulang Ke Kampung Halaman

Hay semuanya salam sejahtera untuk kita semua. kali ini saya ingin berbagi sedikit kebahagiaan saya pada saat liburan ke kampung halaman yang bisa dikatakan cukup jauh dari tempat rantauan saya saat ini, emang sich pulangnya udah lama gitu tapi baru kepikiran untuk berbagi sama teman - teman sekalian,,heheheheh,,,,,
   Ooooiiiaaa,,,sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri dulu sama teman - teman semua. nama saya Wayan Suwardi kalo temen - temen di tempat saya kerja biasa dipanggil Wardi atau Ardi. Arasal saya dari Muara Enim, Palembang, Sumata Selatan. Kenapa saya bilang  kalo saya berasal dari Palembang, padahal sebenernya saya dari Kediri, Jawa Timur,,,karena kata orang - orang dimana kita lahir dari sanalah kampung halaman kita walaupun orang tua kita bukan dari suatu daerah tersebut. aneh yach, tapi itu cuma kata orang - orang aja kok. Teman - teman mau percaya atau tidak itu juga boleh - boleh aja,,hehehe
      Nah mungkin saya udah ngomong mulu dari tadi sampe - sampe lupa untuk menceritakan perjalanan pada saat saya pulang ke kampung halaman. Tepatnya pada tanggal 3 Februari saya menerima tugas dari atasan saya dikantor untuk melaksanakan liputan live di suatu acara rapat Dewan Pers yang kebetulan deket sama kampung halaman saya,,,nie saya kasi fotonya sambil nyeritain perjalanan saya di kampung,,,,

Ini foto saya ambil dari dalam mobil, tempatnya berada didepan bandara Ngurah Rai Denpasar saat keberangkatan saya saat itu pada tanggal 4 Februari tepatnya jam 13:30,,,,

Setibanya dibandara saya sedikit liat - liat pesawat disekita bandara sebelum saya melakukan Take Off ke jakarta. Katanya sih kalo mau ke Palembang itu harus ke Jakarta dulu nanti abis dari sana baru dah ngelanjutin perjalanan lagi ke Palembang. kalo bahasa sekarang menyebutnya  Transit tapi sangat di sayangkan sekali pada saat itu pesawat yang akan menghantar saya ke Jakarta mengalami ketarlambatan yang dikarnakan ada suatu hal gitu kata protokolnya di bandara, jadi penerbangan ditunda selama satu setengah (1,5) jam,,,hhhuuuffff,,,Dari kantor saya dan temen - temen yang akan berangkat udah berangkat dengan tepat waktu tapi tenyata setelah tiba dibandara tidak lama lagi protokol bandara menginformasikan kalo pesawat kami mengalami keterlambatan. disana kami sedikit males untuk mendengar informasi itu tapi ya harus gimana lagi, orang tu pesawat bukan punya GUE jadi ya ikut - ikut aja,,,,hehehhehe
    Setelah cukup lama menunggu akhirnya si protokol bandarapun menginstruksikan kami agar naik ke pesawat, nah dari sana kami cukup merasa lega karna pesawat yang kami tunggu - tunggu akhirnya datang juga dan kamipun bergegas naik ke pesawat. Pas didalam pesawat ternyata ada bule yang kebetulan udah akrab ama temen saya sejak menunggu pesawat tadi, kamipun foto bersama untuk kenang - kenangan. Setelah kami udah cukup banyak berfoto  petugas pesawat atau pramugari pasewat menyuruh kami agar duduk sesuai dengan nomor kursi yang sudah di boking dan segera menggunakan sabuk pengaman karna pesawat akan lepas landas. Pesawat udah lepas landas kira - kira udah dengan ketinggian 50m dari permukaan laut, tiba - tiba si pramugari  berdiri disamping saya, saya kira mau ngapain nie cewe cantik, apa mau minta saya pangku kali yach karna tempat duduk udah penuh,,,heheheh... eh ternyata tu pragawati ingin menperagakan tentang bagaimana menyelamatkan diri jukalau pesawat mengalami masalah. tapi saya sendiri bukan memperhatikan soal gimana dia menperagakan gimana cara menyelamatkan diri, saya malah melototin gerak - gerak tu pragawati. tiba - tiba tu pragawati nglirik saya dan diapun tersenyum sama saya,uuuhhhhh,,,,,,,,,,,senyumnya mmmuuuuuuaaaniiiiiiiisssssssssss buanget,,, rasanya saya pengen pingsan diatas pangkuannya dan dibuatin nafas gitu dech,,,,heehehhehe
      Setelah kiranya sati jam saya melakukan penerbangan tibalah saya di bandara Soekarno Hatta Jakarta, setibanya disana udah cikup sore dan perut kamipun udah terasa lapar dan kamipun membeli sedikit makanan ringan di sekitar bandara di ruang tunggu, sambil menunggu pesawat yang katanya akan brangkat pukul 15:30. Tetapi lagi - lagi kita harus menunggu pesawat yang akan mengantar kami ke Palembang dikarnakan pesawat masih berada di Medan dan pada saat itu kami disuruh nunggu kira - kira 3 jam lagi. Untungnya di sekitar sana banyak cewe lalul - alang kaya orang aneh, jadi gak begitu membosankan bagi kami untuk menunggu keterlambatan pesawat,,hehehee....setelah sekian lama kami menunggu akhirnya kami dapat melanjutkan penerbangan kami ke Palembang,,,
       Setibanya di bandara Bandarudin II kami langsung turun dan mengambil tas bawaan kami. Kamipun keluar bandara dan diluar udah ditunggu sama temen yang menjemput kami sejak jam 4 tadi. Tapi ya mau gimana lagi emang kedaan yang memaksa kita harus terlambat, jadi ya terima aja apa adanya,,,heheheh....teman- teman langsung menuju hotel dan sayapun langsung menuju ke kampung halaman, walau udah malam hari tapi seolah semua itu bukan halangan bagi saya,,,,,
       Sesampai dirumah sayapun langsung menghanpiri ibu dan langsung bersujud dikakinya, sodara - sodara sayapun gak lupa saya hampiri, ada yang langsung saya peluk karna terlalu rindunya sama mereka dan ada juga cuma sekedar berjabat tangan aja. Setelah saya menghampiri semuanya eh ternyata ibu langsung masak enak pagi itu dan saya dan sodara - sodarapun diajak makan bersama. Wah ibu masih ingat aja masakan kesukaan saya, ibupun menjawab ya masih ingat donk walai udah sekitar 8 tahun kamu meninggalkan ibu, ibu yakin kalo kamu masih suka ama masakan TEMPOYAK ibu, dan kamipun tertawa ria,,,hahahahah
       Bertemu sama ibu dan keluarga besar rasanya sudah dulu, saatnya untuk berkunjung ke makam almarhun ayah. Didampingi kakak, saya bergegas berangkat ke makam bapak, cukup jauh sich tapi semua itu tidak sebanding setelah saya tiba ditempat pemakaman bapak. Setibanya disana, saya dan kakak melakukan persembahyangan dan memohon kepada Ida Shang Hyang Widi Wasa semoga bapak bahagia disana sama seperti dengan apa yang saya rasakan saat ini, dan sayapun bersujud dan mohon doa restu sama bapak, semoga saya bisa membahagiakan ibu dengan kondisi sekarang. Setelah beberapa lama saya berada dimakam bapak sayapun berpamitan untuk kembali kerumah dan bersiap - siap untuk melaksanakan tugas besok di kota...

Ke-esokan harinya sebelum saya berangkat untuk melaksanakan tugas saya menyempatkan diri untuk mampir ke sodara yang rumahnya cukup jauh dari rumah saya. Waktu saya tiba dirumah mereka dan menemuinya merekapun sempat kaget dan bengong memandang saya, dikira siapa ini yang datang kok main masuk rumah orang aja tanpa permisi sama sekali tapi setelah saya memberi tahu, suasanapun langsung berubah drastis. Suatu bengongan menjadi teriakan gembira karna mereka tidak menyangka kalo yang datang itu saya..Kok kamu sudah besar segini Wardi, dulu waktu kamu ninggalin kami itu masih sangatlah keci, sekarang kok tinggi buanget gini. ya Saya jawab aja dengan sante " ya dulu kan waktu saya pergi saya baru tamat SD sedangkan sekarang saya datang udah bekerja, kan jelas toh beda sangat jauh buanget,,,,

Sebelum berangkat melaksanakan tugas liputan saya melakukan persembahyangan di pura yang ada di desa saya tempatnya di Desa Air Enau, desa terpencil yang sangat jauh dari keramaian dan jauh dari kesibukan perkantoran. Ya pantes aja jauh dari kegiatan perkantoran, orang disana gak ada pabrik atau kantor,,,,hahahaha
       Setelah semua persiapan udah siap saatnya untuk pamitan sama ibu dan keluarga besar, untuk pergi kelokasi peliputan dan sekaligus balik ke bali selesai peliputan rapat dewa pers. Sangat berat memang tapi tugas harus tetap dilaksanakan demi kelancaran pekerjaan saya dan suatu saat nanti saya pasti akan kembali lagi ke rumah untuk memberikan sesuatu yang spesial untuk ibu tentunya,,,Doakan anakmu ibu semoga semuanya berjalan dengan lancar,,,,Om Sairam

Liputan selesai dan saatnya untuk kembali ke tempat rantauan untuk melaksanakan keseharian dikantor dan keseharian dalam rumah tumpangan,,,,.
Demikian teman - teman cerita saya pada saat saya pulang kekampung halaman, semoga berkesan bagi teman - teman pembaca semua.. sampai jumpa di cerita saya berikutnya,,,,